Senin, 27 November 2017

Pemeliharaan Tanaman Kelapa Genjah Entok


Pemeliharaan Tanaman Kelapa Genjah Entok



                Semua tanaman tentu saja membutuhkan adanya pemeliharaan termasuk dalam hal ini adalah tanaman pohon kelapa genjah entok. Pemeliharaan tanaman kelapa perlu dilakukan secara kontinyu baik pada tanaman kelapa yang masih muda maupun dewasa(sudah berbuah). Pemeliharaan dilakukan untuk mendorong tumbuh kembangnya tanaman dan meminimalkan terjadinya hama yang mungkin saja menyerang pohon kelapa genjah entok.

Pemberian Mulsa dan Pemagaran

Setelah bibit kelapa genjah entok ditanam, ada baiknya anda membuat mulsa di sekitar tanaman kelapa. Kemudian letakkan daun daun hijau atau jerami padi secara melingkar. Mulsa berguna untuk mengurangi penguapan air, menjaga kelembaban tanah, menekan pertumbuhan gulma dan menyuburkan tanah. Disamping itu, anda juga bisa membuat pagar di sekitar tanaman kelapa. Hal ini untuk mencegah serangan hewan liar yang mungkin menyerang pohon kelapa.

Pengairan

Kegiatan pengairan dilakukan untuk menghindari kematian bibit akibat kekeringan terutama di musim kemarau. Kegiatan penyiraman penting dilakukan secara rutin hingga tanaman kelapa tumbuh kuat di umur 3 tahun. Namun bila musim hujan tidak perlu melakukan penyiraman lagi. Hanya saja perlu dilakukan pengechekan agar air tidak terlalu berlebihan (selalu tergenang).

Penyulaman

Penyulaman dilakukan bilamana ditemukan pohon kelapa genjah entok ada yang mati atau tumbuh kerdil atau terserang hama penyakit. penyulaman pertama bisa dilakukan di awal musim hujan dan penyulaman berikutnya dilakukan di akhir musim hujan. Supaya tanaman kelapa susulan atau sulaman tidak tertinggal jauh dengan kelapa yang sudah ditanam, sebaiknya lakukan perawatan intensif dengan memberikan nutrisi yang mencukupi.

Penyiangan, Penggemburan dan Pembumbunan

Penyiangan pada tahun pertama dilakukan selebar 1 meter di sekeliling tanaman kelapa, tahun kedua selebar 1,5 meter dan ketiga selebar 2 meter. Caranya, bersihkan gulma dengan arit atau parang. Intensitas penyiangan dilakukan selama empat minggu sekali bila musim hujan dan 6-8 minggu sekali bila musim kemarau.

Pemupukan

Setelah dilakukan penyiangan untuk membuang gulma, maka langkah selanjutnya adalah pemupukan. Pemupukan bisa dilakukan dengan menaruh kotoran organik dari kambing di sekitar tanaman kelapa. Harapannya agar pohon kelapa tumbuh subur dan tumbuh kembang dengan maksimal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar