Kamis, 29 Maret 2018

Cara Mudah Membuat Bibit Kelapa Genjah Entok


Cara Mudah Persemaian dan Pembibitan Bibit Kelapa Genjah Entok

Untuk menghasilkan bibit kelapa genjah entok, yang bermutu dan kemugkinan prosesntase hidup tinggi, kita perlu memperhatikan skema yang baik dan proses yang tepat. Berikut hal-hal yang perlu kita persiapkan untuk memulai proses tersebut.

Pilih Buah kelapa Yang Tua

Terlebih dahulu pilih buah kelapa yang benar-benar tua. Pilih yang ukuran beratnya mantap dan air di dalam kelapa tersebut penuh. Deder kelapa dalam tanah yang sudah dibuat bedengan. Setelah muncul akar kecambahnya sekitar 4-5 cm, pindahkan ke bedengan baru yang tempatnya terbuka.
Sebagai cacatan, buatlah tempat bedengan yang datar dan mudah mendapatkan air.
Persemaian bibit kelapa genjah entok, bisa diawali dengan membuat bedengan yang bagus. Caranya cangkul dan ratakan tanah sekitar 30 cm dalamnya. Bersihkan tanah tersebut dari sisa-sisa tanaman atau akar-akar rerumputan.

Pangkal Batok Kelapa disayat

Sebelum benih diletakkan, benih kelapa dipeges/ disayat di bagian atas mata tangkai pada sabut yang menonjol. Tujuan kelapa di sayat ini untuk memudahkan air agar meresap ke dalam sabut sehingga kelapa tetap lembab dan tidak kering.
Benih kelapa yang sudah disayat itu kemudian tanamkan ke dalam bedengan. Kurang lebih 2/3 dari bulatan dengan posisi mendatar. Taruh bagian yang disayat itu menghadap ke atas dan ke arah timur supaya terbuka dengan sinar matahari. Jarak peletakan antara satu dengan lainnya bisa saling menempel atau dengan jarak 5-10 cm secara berbaris.
pembibitan kelapa genjah entok

Penyiraman Bibit Kelapa

Setelah selesai, proses berikutnya yang paling penting adalah penyiraman. Butuh waktu 12-14 minggu untuk proses pendadaran bibit ini. Jangan sampai kelapa tidak disiram karena akan mengakibatkan kekeringan. Di sini kita harus menjaga proses penyemaian tersebut dari ganggunan binatang, rumput liar ataupun hama penyakit.
Terkait penyiraman, kita bisa cek kondisi tanah dan sabut kelapa itu. Intinya tanah boleh panas, tetapi jangan sampai tanah menjadi kering kerontang atau gersang. Untuk melihat apakah kelapa perlu disiram, lakukan pencetan pada serabut sayatan. Bila saat dipencet masih terdapat basahan air, maka tidak perlu untuk disiram lagi.
Setelah 14 minggu bibit akan mulai tumbuh tunas dan daun kecil. Tahap berikutnya yaitu seleksi bibit. Pilih bibit yang tumuh dengan baik untuk dipindahkan dari bedengan menuju tempat kelapa akan ditanam dalam polybag atau bisa langsung di tanah.
Begitulah cara mudah penyemaian dan pembibitan bibit kelapa genjah entok. Penjelasan singkat di atas secara teori mudah dipahami. Selanjutnya tinggal praktik. Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar