Selasa, 13 Februari 2018

Penyakit kelapa genjah entok dan solusinya

Penyakit kelapa genjah entok dan solusinya

Bibit kelapa genjah entok yang ditanam tentu saja membutuhkan perawatan. Tujuannya agar pertumbuhan pohon kelapa genjah entok maksimal sesuai yang diharapkan. Namun, kadangkala di lapangan di temukan berbagai kendala terutama penyakit yang bisa saja menyerang bibit kelapa genjah entok. Pertanyaanya, apa saja penyakit kelapa genjah entok dan bagaimana solusinya? Berikut ulasannya
                Patogen yang menyerang kelapa genjah entok berasal dari kelompok cendawan, virus atau bakteri. Pertama, penyakit batang kelapa. Penyakit batang kelapa diakibatkan oleh bakteri cerastostomella paradoxa. Patogen ini merusak batang kelapa genjah entok dan menyebabkan keluarnya cairan berwarna  seperti karat. Serangan ini menyebabkan gangguan fisiologis pada tanaman kelapa sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhannya. Penyakit ini dapat dikendalikan dengan menyayat bagian tanaman yang rusak.
bibit kelapa genjah entok

                Penyakit gugur buah

                Kedua, penyakit gugur buah. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri phytophythora palmivora. Patogen menyebabkan gugurnya buah buah tua yang belum masak. Daun daun tampak terkulai karena serangan penyakit ini pada pangkal tandan buah. Pengendalian penyakit dapat dilakukan dengan menggunakan peranox 0,1 -0,2 % atau fungisida yang berbahan aktif mankozeb. Biasanya penyakit ini berkembang pada musim hujan saat kelembaban udara tinggi.

                Pencegahan

                Untuk mencegah timbulnya penyakit yang menyerang bibit tanaman kelapa genjah entok maka sebaiknya lakukan berbagai kegiatan berikut ini. Pertama, penyiangan secara berkala. Penyiangan merupakan kegiatan penggemburan tanah di sekeliling tanaman kelapa. Kegiatan ini disertai dengan pembuangan gulma dan pemberian pupuk organik yang diperlukan tanaman.
                Kedua, sanitasi air yang baik. Sanitasi atau saluran air yang lancar mencegah kemunculan bakteri yang bisa menyerang tanaman kelapa. Air yang tergenang secara terus menerus memang berpotensi besar membawa patogen yang bisa menyerang tanaman kelapa. Ketiga, pastikan sinar matahari menyinari tanaman kelapa secara maksimal. Untuk itu, bila di sekitar tanaman kelapa terdapat pohon yang lebih tinggi sebaiknya dikurangi supaya tidak tertutup atau kayoman yang membuat daya tahan kelapa menurun.
                Anda berminat menanam bibit kelapa genjah entok? Kami sedia bibit kelapa genjah entok dan siap kirim kirim ke seluruh penjuru nusantara. Untuk anda yang berlokasi di area Jogja dan sekitarnya bisa cod di sekitar Malioboro, Jalan Magelang atau Jalan Godean. Namun bila anda berlokasi jauh bisa menitipkan teman atau saudaranya yang ada di Jogja ataupun kami kirim lewat ekspedisi dengan terlebih dahulu menghubungi kami di 087838393451. Salam go green. Anda yakin cocok menanam kelapa genjah entok.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar